Assalamualaikum InsanHalal, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai mengapa kemasan pangan perlu dipastikan halal. Sebagai negara dengan penduduknya yang mayoritas beragama islam, sudah tentu produk pangan atau makanan yang dijual di Indonesia harus halal. Untuk memastikannya pemerintah melalui MUI, telah menetapkan aturan dimana semua makanan yang tersebar di Indonesia harus bersertifikat halal.

Namun, kepastian akan kehalalan suatu produk pangan tidak hanya sebatas pada bahan dasarnya saja yang halal. Kemasan pada makanan pangan juga perlu dipastikan kehalalannya. Kemasan pada produk sendiri merupakan wadah atau pembungkus yang memiliki fungsi meminimalisir dan mencegah terjadinya kerusakan pada saat produk didistribusikan. Selain itu, kemasan juga memiliki peranan penting sebagai identitas yang dapat mendorong penjualan suatu produk serta membangun loyalitas konsumen terhadap merek produk tersebut. Meski kemasan pada produk pangan tidak akan ikut dikonsumsi, namun sebenarnya kemasan pada pangan harus dipastikan kehalalannya. Nah simak artikel berikut ini sampai tuntas untuk mengetahui, mengapa kemasan pangan perlu dipastikan halal.

Alasan mengapa kemasan pangan harus dipastikan halal

1. Kemasan yang mengandung bahan haram dapat mencemari kehalalan produk di dalamnya

Alasan pertama mengapa kemasan perlu dipastikan kehalalannya adalah kemasan yang mengandung bahan haram dapat mencemari kehalalan produk di dalamnya. Kemasan sendiri tidak selalu dibuat dari bahan alami. Terdapat juga kemasan yang dibuat dengan campuran bahan hewani. Seperti pada kemasan plastik, dalam pembuatannya yaitu penstabil proses yang digunakan dalam produksi kemasan plastik. Penggunaan garam asam lemak (Kalsium stearate E470) berpeluang non halal, karena sumbernya dari hewani seperti lemak babi/lard dan lemak sapi/Tallow.

Oleh karena itu, meski kemasan berupa plastik sekalipun bisa berpeluang mengandung unsur haram. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa kemasan pangan meski dari bahan plastik sekalipun dari dipastikan kehalalannya.

2. Halal saja tidak cukup, makanan pangan perlu juga thayyiban

Jika anda berpendapat bahwa dengan menggunakan bahan dasar yang halal itu sudah cukup untuk dapat dikonsumsi, maka pendapat anda kurang tepat. Karena selain harus halal, makanan yang dikonsumsi juga harus thayyiban. Istilah thayyiban sendiri memiliki arti baik, dalam artian memiliki mutu dan kualitas yang baik dan tidak merusak kesehatan. Mengkonsumsi makanan yang halal dan thayyiban sendiri tertera dalam ayat suci al quran yakni surat Al-Baqarah ayat 168.

Pada fungsinya kemasan memiliki peranan penting untuk melindungi produk pangan yang ada didalamnya dari kerusakan. Untuk itu, kemasan juga harus memiliki mutu dan kualitas yang baik serta tidak memiliki dampak pada kemasan. Kemasan yang digunakan pada bahan pangan harus dibuat dengan bahan yang aman sehingga tidak merusak kualitas pada bahan pangan yang ada didalamnya. Untuk hal itulah mengapa kemasan pada pangan harus dipastikan terlebih dahulu kehalalannya.

 

Nah itulah beberapa alasan mengapa kemasan pangan perlu dipastikan halal. Setidaknya dengan mengetahui hal dimana kemasan dapat berpotensi mencemari kehalalan pada produk pangan. Anda selaku pelaku bisnis di bidang pangan dapat lebih selektif dalam memilih kemasan yang akan digunakan pada produk anda. Dan untuk anda yang memiliki usaha dibidang kemasan, penting untuk usaha anda memiliki sertifikasi halal untuk memastikan kemasan yang diproduksi memiliki kehalalan yang terjamin. Nah mengenai bagaimana cara untuk anda mengikuti sertifikasi halal, tidak perlu khawatir karena IHATEC siap membantu anda berkonsultasi mengenai sertifikasi halal.

| IHATEC: Lembaga Pelatihan dan Konsultasi Halal

IHATEC sendiri adalah lembaga pelatihan dan edukasi di bidang Halal secara luas dengan berbagai macam pelatihan halal. Nah demikianlah pembahasan artikel kita kali ini mengenai mengapa kemasan pangan perlu dipastikan halal. Terima kasih telah menyimak tuntas artikel dari IHATEC kali ini selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya.

en_USEN
Open chat
Hallo Admin