Assalamualaikum InsanHalal, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai 5 sektor halal berskala global. Sektor ekonomi halal kini tidak hanya sebatas makanan dan minuman saja. Produk seperti fashion, pariwisata, farmasi atau kosmetik hingga energi terbarukan mulai mengedepankan konsep halal. Hal ini tidak terlepas dari munculnya tren baru yakni halal lifestyle dimana masyarakat khususnya muslim mulai mengkonsumsi bahkan menggunakan produk-produk yang berlabel halal. Produk seperti fashion, pariwisata, farmasi atau kosmetik hingga energi terbarukan mulai mengedepankan konsep halal. Dengan meningkatnya kesadaran akan produk halal karena adanya halal lifestyle tentu membuat permintaan terhadap produk halal semakin meningkat. Meningkatnya permintaan terhadap produk halal tentu memberikan peluang besar bagi dunia industri untuk mengembangkan produknya berkonsep halal. Nah berikut ini beberapa sektor halal yang berpotensi berskala global.

5 Sektor halal yang berpotensi dapat berskala global

1. Makanan dan minuman

Pertama-tama tentu sudah tak asing lagi, sektor makanan dan minuman merupakan sektor halal yang sangat berpotensi dapat berskala global. Makanan dan minuman merupakan kebutuhan primer. Tentu setiap manusia sangat membutuhkan makanan dan minuman. Terlebih khususnya bagi masyarakat yang beragama muslim, terdapat anjuran untuk memakan dan meminum makanan yang halal serta larangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang diharamkan.

Populasi muslim yang merupakan terbanyak di dunia, tentu merupakan pasar yang sangat potensial. Oleh karena itu, banyak produsen makanan yang berlomba-lomba memproduksi makanan yang memiliki label halal pada kemasannya. Tentu hal ini ditujukan untuk dapat menyasar target pasar halal yang memiliki cakupan cukup luas. Bagi produk dalam negeri, juga memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan target pasar halal baik lokal bahkan mancanegara. Untuk memastikan produk makanan dan minuman yang tersebar benar kehalalannya. Otoritas Sertifikasi Halal di Indonesia melalui BPJPH dan perangkat Lembaga Pemeriksa Halal yang bertanggung jawab memastikan kehalalan produk yang tersebar. Setelah mendapatkan sertifikat halal, produk dapat dipastikan kehalalannya dan aman dikonsumsi. Bagi produsen hal ini memberikan keuntungan yakni dapat dengan mudah menyasar pasar halal. Selain itu dengan adanya sertifikasi halal, produsen dapat menyasar target global yakni melakukan ekspor produknya ke beberapa negara muslim. Label Halal MUI sudah dikenal di seluruh dunia dan diakui oleh berbagai badan sertifikasi halal. Produk yang mencantumkan label halal menjadi pilihan utama Muslim secara nasional dan global. Oleh karena itu sektor makanan dan minuman sangat memiliki potensi besar untuk berskala global.

2. Fashion muslim

Munculnya tren halal lifestyle menjadi batu loncat bagi sektor fashion muslim untuk menunjukan eksistensinya. Dengan adanya tren halal lifestyle yang sedang digandrungi tentu membuat sektor fashion memiliki target baru yang memiliki cakupan skala cukup besar. Busana Muslim menjadi daya tarik para perancang dan umat Islam di berbagai belahan dunia. Mereka menginginkan gaya elegan yang mempercantik penampilan, sehingga menambah percaya diri. Indonesia kini menjadi acuan perkembangan hal tersebut. Sejumlah perancang busana Muslim lahir dan tumbuh di negeri ini. Komunitas hijab juga bermunculan sebagai perkumpulan yang memperhatikan dan mengonsumsi berbagai busana Muslim terbaru.

Dengan populasi muslim yang sangat besar baik skala lokal maupun global, menjadikan target pasar sektor fashion berpotensi untuk menjadi sektor halal yang mampu berskala global. hal ini dapat memberikan peluang yang cukup besar bagi pegiat usaha fashion lokal untuk mengembangkan bisnisnya hingga dapat berskala global.

3. Farmasi dan Kosmetik Halal

Farmasi dan kosmetik halal merupakan produk yang terbuat dari bahan organik maupun kimia. Kandungan pada produk farmasi dan kosmetik tentu harus bebas dari unsur binatang yang diharamkan atau bahan kimia yang tidak sesuai dengan tuntunan Islam jika untuk dikonsumsi seorang muslim. Kembali pada tren halal lifestyle yang tengah menjamur, menjadikan masyarakat lebih selektif dalam memilih produk termasuk produk farmasi dan kosmetik halal.

Dengan target pasar muslim yang sudah disampaikan sebelumnya yang memiliki pasar yang besar tentu menjadi daya tarik bagi produk obat-obatan dan kosmetik kini untuk produknya dapat berlabel halal. Dengan label halal pada produk farmasi dan kosmetik, hal ini dapat memberikan peluang produsen untuk mengembangkan produknya ke pasar global.

4. Pariwisata halal

Sudah bukan menjadi rahasia umum, jika sektor pariwisata merupakan sektor yang sudah berskala global. Terlebih Indonesia yang dianugerahi keindahan alam yang banyak mempesona pengunjung baik domestik hingga mancanegara. Meski tidak semua masyarakat di dunia beragama muslim, namun pemeluk agama muslim yang berskala besar dapat dikatakan sebagai target yang cukup menjanjikan.

Dengan pasarnya yang besar, dibutuhkan pengembangan destinasi ramah muslim di Indonesia untuk menargetkan pasar muslim global. Pariwisata halal ini dapat mencakup destinasi sejarah atau nilai Islam di dalamnya. Selain itu bisa juga destinasi wisata yang memiliki pelayanan yang ramah Muslim, seperti hotel yang menyediakan seperangkat alat sholat, arah kiblat, Alquran, dan tentu saja makanan halal.

5. Media entertainment halal

Seperti yang kita ketahui industri hiburan dan media merupakan industri yang tidak pernah sepi peminat. Seakan tak ada matinya, dari dulu hingga sekarang industri entertainment selalu digandrungi setiap zaman. Baik sebatas pasar lokal hingga pasar global, industri ini memiliki potensi pasar yang cukup besar. Jika dikaitkan dengan pasar halal yang kini memiliki peningkatan, hal ini dapat menjadikan pasar halal sebagai target baru pasar entertainment. 

Melihat pasar yang cukup besar, sudah banyak rumah produksi yang membuat hiburan dengan konsep muslim. Mulai dari film yang bergenre islam seperti Ayat-Ayat Cinta, 99 cahaya dilangit eropa dan masih banyak lagi mulai sudah menunjukan eksistensinya di industri entertainment. Bahkan film-film bergenre religi ini langsung mendapatkan sambutan positif di kalangan masyarakat dan laris dipasaran. Dengan pasar muslim global yang sangat besar, menjadikan sektor industri ini berpotensi berkembang hingga berskala global.

 

Nah demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 5 sektor halal berskala global yang bisa meningkatkan industri di Indonesia. Potensi perkembangan ekonomi syariah ini diharapkan dapat lebih meningkatkan sektor ekonomi Indonesia yang lebih baik. Untuk mendukung hal tersebut BPJPH selaku penyelenggara jaminan produk halal merespon dan mendukung upaya pengembangan produk bersertifikasi halal yang dapat dijadikan jaminan produk untuk bersaing mendapatkan pasar halal baik lokal bahkan global. Untuk bisa bersaing dipasar halal yang kian hari semakin meningkat, tentu setiap pelaku usaha harus memiliki jaminan halal. Hal ini dapat berupa label halal yang didapatkan dari badan terkait dimana hal ini merupakan BPJPH.

Untuk mendaftarkan produk halal setiap pelaku usaha, harus mengikuti alur-alur yang sudah ditentukan. Guna memudahkan proses pengajuan sertifikasi halal, perusahaan dapat melakukan pelatihan sertifikasi halal melalui lembaga pelatihan. Bagi anda selaku produsen yang ingin mengajukan sertifikasi halal, dapat terlebih dahulu melakukan pelatihan di IHATEC.

| IHATEC: Pelatihan Halal

IHATEC sendiri merupakan lembaga pelatihan dan edukasi di bidang Halal secara luas, yang meliputi kehalalan produk, jasa, dan aspek kehalalan lainnya. IHATEC berdiri sejak tahun 2017 yang berawal dari kebutuhan pelatihan halal bagi perusahaan yang akan mensertifikasi halal produknya.

en_USEN
Open chat
Hallo Admin