Assalamualaikum insan halal, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips berbuka puasa yang sehat dan aman. Berpuasa merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim saat bulan ramadhan. Berpuasa sendiri memiliki arti yakni menahan diri dari makanan dan minuman serta dari perbuatan yang membatalkan puasa sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Meski kita berpuasa, asupan nutrisi pada tubuh harus tetap terjaga. Walaupun jam makan kita berkurang yang semula 3 kali menjadi 2 kali saja, namun kita tetap perlu menjaga asupannya. Tidak sedikit orang yang selalu merasa tergoda dengan segala jenis makanan saat berbuka. Yang pada akhirnya asupan makanan pada tubuh kita tidak terjaga dan cenderung berlebihan. Hal ini dikarenakan selera makan yang tinggi karena telah susah payah menahan rasa lapar sejak siang hari. Akan tetapi, jika kita terus menuruti hawa nafsu saat berbuka, itu akan menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh kita. Untuk mengatasinya, simak artikel dibawah ini mengenai tips berbuka puasa yang sehat dan aman.

Tips Berbuka Puasa Sehat

  1. Segerakan berbuka puasa jika waktunya telah tiba

Yang pertama adalah segerakan berbuka puasa jika waktunya telah tiba. Jangan pernah menunda waktu berbuka puasa. Menunda waktu berbuka sangat tidak dianjurkan, dari sisi kesehatan pun memiliki dampak negatif. Jika kamu menunda makan saat berbuka puasa, kemungkinan itu adalah penundaan serius dan berbahaya. Penyakit seperti maag dan dehidrasi merupakan salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan akibat menunda berbuka puasa.

Oleh karena itu, jangan pernah menunda berbuka puasa. Segerakanlah berbuka puasa jika waktunya telah tiba. Bahkan hal ini merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan.

Rasulullah SAW bersabda: “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no 1957 – Muslim no.1098).

  1. Awali berbuka puasa dengan air putih dan makanan manis yang rendah gula

Selanjutnya tips yang kedua adalah awali berbuka puasa dengan air putih dan makanan manis yang rendah gula. Hawa nafsu memakan takjil seperti gorengan, kolak, hingga kue memang besar. Namun sebaiknya awali dengan segelas air putih, hal ini berfungsi untuk menghindarkan kita dari dehidrasi setelah menahan haus seharian.

Selain air putih, kita juga dianjurkan berbuka dengan makanan yang manis-manis. Dengan berbuka puasa dengan makanan manis, hal ini berfungsi untuk memulihkan energi pada tubuh kita. Namun kita juga tetap harus memperhatikan kadar gula dari makanan manis yang kita konsumsi, jangan sampai berlebihan. Hal ini bisa menimbulkan penyakit seperti diabetes. Untuk itu dianjurkan untuk berbuka dengan memakan kurma atau buah buahan yang memiliki manis alami dan rendah gula. Bahkan berbuka puasa dengan kurma merupakan salah satu hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bersabda : ”Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kura, arena dia adalah berkuah, apabila tidak mendapatkan kura maka berbuka lah dengan air arena dia adalah bersih.’ (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

  1. Berbukalah dengan makanan yang seimbang

Tips ketiga yakni berbukalah dengan makanan yang seimbang baik kandungan gizi maupun jumlahnya. Untuk menjaga kecukupan makanan yang bergizi dan seimbang, selama berpuasa tetap harus mengonsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang bersumber dari semua kelompok makanan utama berupa buah-buahan dan sayur-sayuran, roti, sereal, dan kentang, daging, ikan dan ayam.

Dalam berbuka puasa, terkadang kita selalu dibarengi dengan nafsu yang tinggi untuk mengkonsumsi semua jenis makanan secara berlebihan. Namun mengkonsumsi makanan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu kita harus tetap menjaga makanan kita tetap seimbang.

Nah demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai tips berbuka puasa sehat dan aman. Berpuasa memang sebuah kewajiban bagi seluruh umat islam. Namun berpuasa bukanlah sebuah alasan untuk kita bermalas-malasan dalam beraktivitas. Meskipun sedang berpuasa, kita harus tetap beraktivitas normal seperti biasanya. Untuk itu kita tetap harus menjaga asupan nutrisi dalam tubuh. Kita bisa mengikuti tips-tips di atas untuk menjaga asupan nutrisi tubuh kita.

Selain kita harus tetap menjaga asupan nutrisi tetap terjaga. Kita juga harus senantiasa berhati-hati memilih makanan saat berbuka. Pastikan kita berbuka dengan makanan yang halal meski sedang berbuka diluar rumah. Memang saat menjalani aktivitas saat berpuasa, adakalanya kita tidak sempat berbuka puasa di rumah. Bisa saja dikarenakan aktivitas pekerjaan atau hanya sekedar berbuka puasa menjalin silaturahmi dengan sahabat. Namun harus diperhatikan oleh insan halal, kita harus tetap berhati-hati saat membeli makanan di luar. Pastinya harus halal dan terbebas dari kandungan haram. Nah untuk memastikan makanan berbuka kita halal atau haram, kamu bisa baca artikel dibawah ini.

| IHATEC: Cara Memastikan Makanan Dan Minuman Yang Halal

Dengan mengetahui cara-cara tersebut maka kita dapat terhindar dan terjaga dari makanan dan minuman yang tidak halal, sehingga kesucian berbuka puasa kita tetap terjaga.

en_USEN
Open chat
Hallo Admin