Soju, Minuman Asli dari Korea

Soju adalah minuman bir yang sangat populer di Korea, terutama Korea Selatan. Hampir setiap restoran di Korea pasti menyediakan Soju sebagai minuman penghangat, terutama di kala cuaca dingin. Minuman beralkohol ini tidak berwarna alias bening, dan sebaiknya tidak Insan Halal minum.

Komposisi Soju

  1. Kadar Alkohol; 20%
  2. Beras
  3. Ubi jalar
  4. Gandum
  5. Tepung Tapioka

Apakah Soju Halal ?

Soju sendiri terbuat dari fermentasi beras. Ada juga yang dibuat dari ubi, gandum, barley, dan tapioka sebagai pengganti beras. Minuman ini mengandung alkohol hingga 20-40 % (persen). Soju tergolong dalam minuman keras / minuman yang memabukkan, sehingga bisa dikatakan soju haram untuk dikonsumsi. Soju sama dengan khamr yang dilarang dalam Islam. Segala hal yang memabukkan adalah khamr, dan segala hal yang memabukkan adalah haram. Sesuatu yang dalam jumlah banyak dapat memabukkan, maka (dikonsumsi) dalam jumlah sedikit juga haram

Al-Baqarah ayat 219. Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: “pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar daripada manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir.”

en_USEN
Open chat
Hallo Admin