Assalamualaikum Insan Halal,

Tren produk halal baik itu sandang, pangan telah menjadi sorotan dalam industri, dalam sektor yang berkaitan dengan supply chain produk halal, terdapat logistik. Logistik memainkan peranan penting dalam menjaga kehalalan suatu produk, itulah mengapa sertifikat halal dalam meningkatkan kualitas dan keamanan logistik halal menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Kita pasti tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia dan memiliki peluang besar menjadi pemeran utama dalam industri halal global. Bahkan konsep produk halal pun terus berkembang, tidak hanya simbol agama, tetapi sebagai standar mutu produk.

Prinsip dan Tujuan Logistik Halal

Prinsip dasar logistik halal adalah proses arus pengolahan bahan atau produk melalui supply chain (rantai pasok) yang sesuai dengan standar halal. Beberapa prinsip dalam logistik halal antara lain:

  1. Menghindari kontaminasi
  2. Menghindari kesalahan
  3. Menjamin konsistensi dengan syariah dan harapan pelanggan Muslim

Tujuan pelaksanaan logistik halal sendiri adalah sebagai pemisah produk halal dengan yang non-halal agar menjaga kehalalan produk dalam supply chain hingga sampai tangan konsumen.

Diperkirakan dalam beberapa tahun mendatang permintaan akan produk halal akan meningkat. Apalagi hal ini didorong oleh pasar bebas lintas negara, keterbukaan investasi untuk negara asing dan peningkatan ekonomi halal di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Manfaat Logistik Halal

Tentunya ada banyak manfaat dari implementasi logistik halal. Hal ini sendiri sudah diakui oleh para pelaku industri logistik yang melihat perkembangan logistik halal adalah sebagai inovasi dalam bidang logistik demi menangkap pasar yang lebih besar.

Besarnya potensi pasar dari produk halal sendiri dibuktikan dengan data “The State of Global Islamic Economy Report 2022” di mana data tersebut menunjukkan bahwa pengeluaran konsumen muslim untuk makan, minum, farmasi, sampai gaya hidup halal mencapai US$2 triliun pada 2021.

Logistik halal menjamin keberhasilan suatu industri halal, di mana keberhasilan industri ini bergantung pada kemampuan manajemen pelayanan logistik dalam menjamin integritas produk halal. Semua produk haruslah sesuai dengan hukum syariat yang menyatakan bahwa produk aman, tidak berbahaya, dan sehat, dari asal hingga sampai ke tangan konsumen.

Di sinilah transportasi dan logistik memainkan peranan penting dalam menjadi kehalalan produk hingga sampai ke tangan konsumen.

Faktor yang Mememngaruhi Logistik Halal

Dalam implementasi logistik halal secara integrasi ada beberapa faktor yang memengaruhi, yaitu:

  1. Sertifikasi
  2. Standarisasi halal
  3. Halal traceability
  4. Halal dedicated assets
  5. Kepercayaan di antara para anggota supply chain
  6. Komitmen para anggota supply chain
  7. Peran pemerintah dalam meningkatkan supply chain makanan halal secara integrasi

Perkembangan Industri Halal di Indonesia

Saat ini, Indonesia pun sedang mengembangkan infrastruktur fisik industri halal dalam rangka memperkuat rantai halal Indonesia dan global. Bahkan strategi pengembangan logistik halal di Indonesia terangkum dalam program kerja KNEKS 2020-2024, di antaranya adalah terkait dengan sertifikat halal produk dan pembangunan halal hub port jalur laut dan udara.

Saat ini, Indonesia memiliki 8 perusahaan logistik halal yang meliputi jasa pergudangan dan pengiriman. Di sinilah sangat perlu bagi perusahaan logistik untuk menerapkan sertifikat halal. Semuanya perlu bersertifikat mulai dari transportasi, pergudangan, sampai distribusinya.

Adanya sertifikat halal dalam penerapan logistik halal tentu sebagai penjamin bahwa semua proses dalam logistik sudah dijalankan sesuai dengan syariat dan mengikuti segala ketentuan yang berlaku.

Untuk mendapatkan sertifikat halal sendiri, para pelaku industri halal perlu mengerti dan paham mengenai produk halal. Proses distribusi produk, dari pengiriman bahan mentah kepada pabrikan hingga disalurkan kepada konsumen akhir, kerap dianggap bukan sebagai bagian yang terikat dengan produk halal.

Guna membantu para pelaku logistik halal untuk mendapatkan sertifikat halal, IHATEC sebagai lembaga pelatihan halal siap menjadi partner yang memberikan edukasi dan pelatihan terkait produk halal dan bagaimana proses mendapatkan sertifikat halal. Didukung dengan materi ter-update dan pengajar yang kompeten, untuk memberikan Anda pelatihan dan pengalaman terbaik.

en_USEN
Open chat
Hallo Admin