News

Alasan dan Manfaat Sertifikat Halal Jasa Logistik

Jasa logistik termasuk kategori yang wajib melakukan sertifikasi halal karena menjadi bagian dari rantai pasok suatu produk. Kewajiban ini sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH).

Para pelaku usaha di bidang jasa logistik terutama yang terlibat dalam sektor makanan dan minuman dikenakan wajib sertifikasi halal tahap pertama hingga bulan Oktober 2024 dan saat ini para pelaku usaha tersebut berlomba-lomba untuk memenuhi regulasi tersebut sebelum dikenakannya sanksi sesuai ketentuan undang-undang.

Lantas sebenarnya apa alasan dan manfaat sertifikat halal bagi jasa logistik? Mari temukan penjelasannya di sini!

Alasan Jasa Logistik Harus Memiliki Sertifikat Halal

Pada prinsipnya, logistik adalah bagian integral dari rantai pasok yang bertanggung jawab atas kelancaran pergerakan barang (termasuk uang dan data) melalui serangkaian langkah seperti pengadaan, pengangkutan, penyimpanan, distribusi, dan pengiriman.

Layanan jasa logistik menjadi bagian dari penahapan kewajiban sertifikasi halal dikarenakan adanya titik kritis kehalalan di jasa layanan logistik ini antara lain : Pertama, pada tahap pengadaan, terdapat risiko bahwa barang yang dipesan atau dibeli mungkin tidak sesuai dengan daftar bahan/produk yang dinyatakan halal. Kedua, dalam penerimaan barang, terdapat potensi bahwa barang yang diterima mungkin tidak sesuai dengan daftar bahan/produk yang disetujui halalnya.

Selanjutnya, pada tahap penyimpanan, ada risiko kontaminasi bahan/produk halal selama proses penanganan dan penyimpanan. Terakhir, dalam distribusi dan transportasi, terdapat risiko kontaminasi bahan/produk halal selama pengiriman produk.

Manfaat Sertifikat Halal Jasa Logistik

Sertifikat halal untuk jasa logistik memiliki beberapa manfaat penting, terutama dalam konteks penyediaan layanan logistik untuk produk-produk yang harus memenuhi persyaratan halal. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari sertifikat halal untuk jasa logistik:

1 Kepatuhan Halal

Sertifikat halal menunjukkan bahwa perusahaan logistik mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan untuk memastikan bahwa produk yang mereka kirimkan dan layani sesuai dengan prinsip-prinsip halal. Ini memastikan bahwa produk tidak terkontaminasi atau tercampur dengan bahan-bahan yang dianggap haram.

2 Kepercayaan Konsumen

Mempunyai sertifikat halal dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada perusahaan logistik dan produk yang ditangani. Konsumen yang mengutamakan kehalalan cenderung mencari produk yang didukung oleh sertifikat halal, sehingga perusahaan logistik yang bersertifikat halal ini memiliki keunggulan kompetitif.

3 Akses ke Pasar Muslim

Produk-produk halal adalah kebutuhan penting dalam komunitas Muslim di seluruh dunia. Dengan memiliki sertifikat halal, perusahaan logistik dapat memperluas akses mereka ke pasar-pasar yang sangat bergantung pada produk halal.

4 Kerjasama Bisnis dengan Produsen Halal

Banyak produsen yang memproduksi produk halal ingin memastikan bahwa produk mereka diangkut dan disimpan dengan cara yang sesuai dengan prinsip-prinsip halal.

Dengan memiliki sertifikat halal, perusahaan logistik dapat membangun kemitraan bisnis dengan produsen halal untuk menyediakan solusi logistik yang sesuai dengan persyaratan halal.

5 Pemenuhan Regulasi

Di beberapa negara atau wilayah, ada peraturan dan regulasi yang mengharuskan produk halal untuk memiliki sertifikat halal. Dalam hal ini, memiliki sertifikat halal untuk layanan logistik dapat membantu perusahaan mematuhi persyaratan hukum yang berlaku.

6 Reputasi dan Tanggung Jawab Sosial

Mempunyai sertifikat halal dapat memperkuat reputasi perusahaan logistik sebagai organisasi yang bertanggung jawab sosial dan peduli terhadap kebutuhan konsumen. Ini juga menunjukkan komitmen perusahaan terhadap prinsip-prinsip keadilan dan integritas.

Dengan menggabungkan manfaat-manfaat ini, perusahaan logistik yang mendapatkan sertifikat halal dapat memperluas pangsa pasar, membangun kepercayaan konsumen, dan menghadapi permintaan layanan logistik yang memenuhi standar halal.

IHATEC, sebagai lembaga pelatihan halal, siap memperkuat jasa logistik Anda dalam proses sertifikasi halal. Kami akan memberikan pelatihan kepada penyelia halal logistik terkait regulasi dan memberikan bimbingan penuh dalam proses sertifikasi halal Anda. Bergabunglah bersama kami untuk memastikan kepatuhan halal yang tanpa celah dalam operasi logistik Anda !

IHATEC

Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC) adalah lembaga pelatihan dan edukasi di bidang Halal secara luas, yang meliputi kehalalan produk, jasa, dan aspek kehalalan lainnya.

Share
Published by
IHATEC