Berita

Mengenal Makanan Unik Khas Jepang, Natto  yang Tengah Viral

Sedang ramai diperbincangkan orang – orang Indonesia untuk menantang dirinya makan natto. Natto adalah makanan khas Jepang yang berbau menyengat dan berlendir yang terbuat dari kacang kedelai terfermentasi.

Insan halal sudah tau bahwa Dalam proses fermentasi tersebut memerlukan bantuan bakteri khusus yang disebut Bacillus Subtilis. dari proses itulah Natto yang di fermentasikan menghasilkan enzim nattokinase. Enzim itu dapat memberikan manfaat, mulai dari mengencerkan gumpalan darah, mencegah hipertensi, angina dan penyakit arteri perifer.

Kandungan Natto

Pasalnya kandungan nutrisi natto memang sangat tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan. Dalam 175 gram natto, kamu bisa mendapatkan beberapa nutrisi seperti:

  • Kalori: 369 kcal.
  • Lemak: 19, 2 gram.
  • Natrium: 12,2 mg.
  • Karbohidrat: 22, 2 gram.
  • Serat: 9, 5 gram.
  • Gula: 8, 6g.
  • Protein: 34 gram.

Ada berbagai jenis karbohidrat dalam natto dan masing-masing jenisnya memberikan manfaat berbeda. Serat adalah salah satu bentuk karbohidrat sehat yang membantu menurunkan risiko kanker, obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes melitus tipe 2. Ada juga pati yang dapat dipecah untuk menyediakan bahan bakar bagi otak dan otot.

Kandungan nutrisi natto lainnya adalah lemak tak jenuh ganda. Lemak tak jenuh ganda dapat membantu mengurangi kolesterol LDL, sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Protein, vitamin, mineral, zat besi, vitamin C, thiamin, vitamin B6, folat, kolin, vitamin K2, adalah jenis kandungan nutrisi yang akan insan halal peroleh saat mengkonsumsi natto.

Baca juga : kandungan dalam bumbu mirin

Manfaat Natto

Manfaat natto dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah. Nutrisi pada natto didapatkan karena telah menjalani proses fermentasi. Proses fermentasi natto ini menggunakan bakteri Bacillus subtilis. Proses fermentasi natto umumnya memakan waktu 12-48 jam. Berikut adalah manfaat dari Natto :

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Natto dapat meningkatkan sistem pencernaan. Hal ini karena natto mengandung probiotik yang dapat berperan sebagai pertahanan pertama untuk usus terhadap racun dan bakteri yang berbahaya. Para peneliti mengungkapkan bahwa bakteri probiotik dapat membantu mengurangi gas, sembelit, diare dan kembung, serta gejala radang usus.

2. Menguatkan Tulang

Natto merupakan salah satu tumbuhan vitamin K2 yang langka. Vitamin K2 memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dengan mengaktifkan protein untuk tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang. Studi menunjukkan bahwa vitamin K2 dapat memperlambat hilangnya kekuatan pada tulang akibat penuaan usia dan Natto juga dapat mengurangi risiko patah tulang.

3. Menjaga Kesehatan jantung

Manfaat natto juga dapat menjaga kesehatan jantung. Natto mengandung serat dan probiotik yang keduanya bisa membantu mengurangi kadar kolesterol. Selanjutnya, fermentasi Natto juga menghasilkan nattokinase, sejenis enzim yang membantu melarutkan gumpalan darah. Selain itu, peneliti Jepang melaporkan bahwa Natto dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mengontrol tekanan darah. Selain memperkuat tulang, vitamin K2 dalam Natto juga membantu mencegah penumpukan kalsium di arteri. Vitamin K2 yang dikonsumsi per hari akan membantu penurunan risiko penyakit jantung sebesar 9%.

4. Meningkatkan Sel kekebalan tubuh

Natto bahkan dapat meningkatkan produksi antibodi pada tubuh kamu, mengurangi risiko infeksi dan dapat membantu tubuh kembali fit lebih cepat jika kamu sakit. Selain kandungan probiotiknya yang tinggi, natto kaya akan vitamin C, zat besi, dan tembaga yang semuanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

5. Mencegah Sel kanker

Kandungan isoflavon dan vitamin K2 dalam natto berpotensi mencegah pertumbuhan sel kanker. Manfaat natto ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker hati, kanker usus, kanker payudara, dan kanker prostat. Namun, selain mengonsumsi natto, kamu tentunya juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan berolahraga rutin. Selain itu, untuk menjaga kesehatan, kamu juga perlu mengonsumsi buah dan sayuran serta istirahat yang cukup.

Banyak sekali bukan manfaat dari produk Natto ini. Lalu bagaimana titik kritis kehalalan dari produk Natto itu sendiri? Simak pada artikel selanjutnya ya Insan Halal.

IHATEC

Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC) adalah lembaga pelatihan dan edukasi di bidang Halal secara luas, yang meliputi kehalalan produk, jasa, dan aspek kehalalan lainnya.

Share
Published by
IHATEC