Berita

Kopi Luwak Halal atau Haram ?

Assalamualaikum InsanHalal, Pada artikel kali ini kita akan membahas hal menarik mengenai kopi yakni kopi luwak halal atau haram. Kita semua tahu bahwa kopi merupakan minuman yang sangat mendunia dan banyak digemari. Ada banyak jenis kopi tersebar di seluruh belahan bumi dengan ciri khas dan rasa yang berbeda disetiap daerah. Sebagai negara yang dikenal dengan kesuburannya, Indonesia tidak terlepas dari penghasil kopi yang memiliki rasa terenak di dunia. Minuman kopi andalan dari dalam negeri yang mendunia yakni kopi luwak.

Kopi luwak dikenal sebagai salah satu jenis kopi berharga dan memiliki peminat yang besar di pasar kopi dunia. Kopi asli dari tanah air ini memiliki rasa dan proses pembuatan yang unik dan tidak biasa. Namun dari prosesnya yang unik ini, memunculkan beberapa perdebatan apakah kopi luwak halal untuk dikonsumsi? Hal ini dikarenakan dalam agama islam, kita tidak diperkenankan memakan atau meminum dari hasil kotoran. Untuk mengetahuinya yuk simak artikel dibawah ini selengkapnya.

Halal atau haram kopi luwak di konsumsi

1. Apa itu kopi luwak

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai halal atau haram kopi luwak sebelumnya kita harus mengetahui apakah sebenarnya kopi luwak ini. Kopi luwak merupakan minuman kopi biasa pada umumnya, namun yang membedakan adalah proses pembuatan kopi yang diambil dari biji kopi sisa kotoran hewan yang memakan buah kopi. Hewan yang dimaksud tentu  bernama luwak yakni hewan sejenis musang.

Pada pemrosesannya biji kopi, luwak akan memilih secara alamiah buah kopi matang yang memiliki rasa yang enak. Namun luwak tidak bisa mencerna biji kopi, oleh karena itu kotoran luwak akan berupa biji kopi. Kotoran biji kopi inilah yang dijadikan bahan dasar dari kopi luwak.

2. Pendapat kopi luwak halal atau haram

Melihat dari prosesnya yang dapat digaris bawahi kopi luwak merupakan kopi seduh dari sisa kotoran hewan, memunculkan perdebatan mengenai kehalalannya. Seperti yang kita ketahui, dalam islam kita diharamkan untuk mengkonsumsi dan meminum yang berasal dari kotoran hewan atau bahkan manusia. Pada kasus ini kopi luwak merupakan kopi yang berasal dari sisa kotoran dari hewan, maka banyak yang beranggapan bahwa kopi luwak haram untuk dikonsumsi. Namun jangan dulu bersedih bagi para pecinta kopi yang beragama islam tidak bisa mencicipi kopi luwak. Karena masih ada beberapa pendapat yang justru mengatakan kopi luwak halal.

Sebagian ulama justru berpendapat bahwa kopi luwak dapat dikonsumsi atau bisa dikatakan halal. Hal ini dikarenakan kopi luwak dianggap halal lantaran tidak pecah saat keluar dari dubur luwak. Biji kopi yang keluar dari dubur luwak secara utuh dianggap tidak terkontaminasi kotoran sehingga tidak terkena najis hewan dan masih halal dikonsumsi.

3. Fatwa kopi luwak

Soal perdebatan halal atau haramnya kopi luwak ini tercantum pada ketetapan Fatwa No.07 Tahun 2010 tentang Kopi Luwak. Ketentuan umum dalam fatwa ini yang dimaksud dengan kopi luwak  adalah kopi yang berasal dari biji buah kopi yang dimakan oleh luwak (paradoxorus hermaproditus) kemudian keluar bersama kotorannya dengan syarat:

  1. biji kopi masih utuh terbungkus kulit tanduk.
  2. dapat tumbuh jika ditanam kembali.

Adapun Ketentuan Hukum Kopi Luwak, yaitu :

  1. Kopi Luwak sebagaimana dimaksud dalam ketentuan umum adalah mutanajjis (barang terkena najis), bukan najis.
  2. Kopi Luwak sebagaimana dimaksud dalam ketentuan umum adalah halal setelah disucikan.
  3. Mengonsumsi Kopi Luwak sebagaimana dimaksud angka 2 hukumnya boleh.
  4. Memproduksi dan memperjualbelikan Kopi Luwak hukumnya boleh.

Dengan fatwa dari MUI ini, tentu umat islam yang merupakan pecinta kopi sudah tidak perlu khawatir akan kehalalan dari kopi luwak. Pastikan membeli produk kopi luwak yang sudah memiliki sertifikat halal ya #InsanHalal!

Nah demikianlah pembahasan artikel kita kali ini mengenai kopi luwak halal atau haram. Mungkin cukup sampai disini pembahasan kita mengenai gelatin haram atau halal. Terima kasih telah menyimak artikel ini sampai tuntas dan baca juga artikel kami lainnya mengenai seputar halal dilaman IHATEC: Berita & Artikel.

IHATEC

Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC) adalah lembaga pelatihan dan edukasi di bidang Halal secara luas, yang meliputi kehalalan produk, jasa, dan aspek kehalalan lainnya.

Share
Published by
IHATEC