Categories: Berita

Apa Itu E-learning Halal? Yuk Cari Tau Selengkapnya

Hallo insan halal, mungkin sempat terlintas dalam benak kita mempertanyakan apa itu E-learning halal? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel ini kita akan membahas mengenai apa itu E-learning halal. Berhubungan dengan mewabahnya virus covid-19 di awal tahun 2020 kemarin bahkan hingga saat ini. Sadar akan pentingnya kesehatan sebagai prioritas utama, pemerintah memberlakukan pembatasan berskala besar di Indonesia guna memutus rantai penularan virus ini. Dengan kata lain, masyarakat dituntut untuk tetap dirumah dan menjauhi kerumunan yang berpotensi dapat memperluas penyebaran virus covid-19.

Disisi lain, aturan tersebut memberikan banyak dampak negatif di berbagai sektor, mulai dari sektor ekonomi, pariwisata bahkan termasuk sektor pendidikan terkena dampak akibat pemberlakuan aturan tersebut. Kegiatan pendidikan baik formal maupun tidak formal, terpaksa harus dihentikan sementara. Namun seiring dengan situasi pandemi yang tak kunjung usai, muncul sebuah alternatif untuk tetap bisa melakukan kegiatan semua kegiatan pendidikan. Alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yakni E-learning.

Apa yang dimaksud dengan E-learning

E-learning merupakan sebuah alternatif yang dapat diterapkan untuk kegiatan pendidikan baik formal maupun tidak formal agar tetap berlangsung. E-learning sendiri merupakan kegiatan belajar yang dilakukan secara online. Pada pelaksanaanya E-learning memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi sebagai sarana pembelajaran.

Sama seperti prinsip online pada umumnya media lainnya, proses belajar mengajar dalam E-learning jadi bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Jadi, meskipun anda dan pengajar tinggalnya berjauh-jauhan, tidak akan menjadi masalah. Bahkan berbeda negara pun tak jadi kendala karena belajar dilakukan secara online.

Dengan E-learning, kegiatan pendidikan masih dapat terealisasikan tanpa harus melakukan agenda tatap muka dan berkerumun. System E-learning ini sudah diimplementasikan pada sektor pendidikan di Indonesia. Mengadopsi hal tersebut, IHATEC sebagai lembaga pelatihan dan bidang edukasi pelatihan halal pun mulai menerapkan program E-learning halal pada aktivitas pelatihannya. Namun, apa itu E-learning halal yang diterapkan oleh IHATEC dalam aktivitas pelatihannya.

Apa itu E-learning halal?

E-learning halal sendiri merupakan program pelatihan halal yang diterapkan IHATEC sebagai lembaga pelatihan halal di Indonesia. Sehubungan dengan masih mewabahnya virus covid-19 membuat seluruh pelaku industri memutuskan untuk menunda pelaksanaan kegiatan pelatihan halal dan bahkan menunda proses pengajuan sertifikasi halal pada produknya.

Hal ini bertentangan dengan UU Jaminan Produk Halal No. 33 tahun 2014 yang sudah diberlakukan tentang barang yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal. Maka dari itu, HATEC sebagai lembaga pelatihan berkomitmen tetap menyelenggarakan pelatihan sertifikasi halal kepada pelaku industri mengenai standar halal dalam sertifikasi halal. Hal ini bertujuan agar para pelaku industri dapat segera melakukan proses sertifikasi halal pada produknya. Oleh karena itu IHATEC mengembangkan metode E-learning agar dapat melakukan pelatihan tanpa harus melanggar protokol kesehatan yang ditetapkan.

Bahkan sebenarnya, sistem E-learning ini bukanlah sesuatu yang baru bagi IHATEC. Karena IHATEC sudah sejak lama menggunakan metode E-learning pada pelatihannya agar bisa dijangkau oleh para pelaku industri dari berbagai manca negara. Sebagai lembaga pelatihan yang profesional, IHATEC telah dipercaya oleh 7.300 peserta di dalam negeri dan 4.048 di luar negeri. Agar dapat dijangkau oleh seluruh wilayah Indonesia hingga luar negeri, IHATEC telah menerapkan metode E-learning ini bahkan jauh sebelum pandemi covid-19 terjadi. Untuk mengikuti E-learning halal di IHATEC anda dapat mengunjungi agenda kami.

Demikianlah penjelasan dari apa itu E-learning halal. Dengan metode E-learning yang diterapkan IHATEC, diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pelaku industri untuk sesegera mungkin memproses sertifikasi halal terhadap produknya.

IHATEC

Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC) adalah lembaga pelatihan dan edukasi di bidang Halal secara luas, yang meliputi kehalalan produk, jasa, dan aspek kehalalan lainnya.

Share
Published by
IHATEC