Tips Halal

Tips Makan AUCE Halal

Assalamualaikum InsanHalal, pada pembahasan artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips makan AUCE halal. AUCE singkatan kata dari “All You Can Eat” merupakan sebuah restoran dengan metode makan seluruh menu sepuasnya. Pengunjung dapat menikmati seluruh hidangan sepuasnya hanya sekali bayar  dengan durasi yang sudah ditentukan. Namun pada umumnya, harga pada restoran jenis AUCE ini memiliki harga yang relatif tinggi.

Di Indonesia sendiri sudah banyak restoran yang menyajikan menu hidangannya dengan metode ini. Kebanyakan dari restoran AUCE di Indonesia merupakan restoran Jepang atau Korea yang menyajikan daging sebagai menu utamanya. Tak hanya menunya saja yang berkonsep Jepang-Korea suasana dan cara memasaknya pun kebanyakan berkonsep Jepang-Korea. Namu karena menu utamanya yang berbahan dasar daging dengan konsep Jepang-Korea menimbulkan banyak pertanyaan mengenai kehalalan dari restoran-restoran AUCE ini. Seperti yang kita ketahui Jepang-Korea merupakan negara yang mayoritas agamanya bukan muslim, hal ini berbanding terbalik dengan di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Nah untuk itu, berikut kami bahas tips makan AUCE halal untuk kamu yang gemar makan di restoran AUCE.

Tips memilih restoran AUCE yang sudah terjamin kehalalanya

Tidak selamanya restoran AUCE yang menyajikan hidangan dengan konsep Jepang-Korea itu menyajikan makanan tidak halal. Memang dengan adanya perbedaan budaya antara Indonesia dengan Jepang-Korea dapat berpengaruh pada makanannya. Namun untuk sekelas restoran tentu sudah memikirkan target pasarnya secara matang-matang, setiap restoran akan menyesuaikan dengan target pasar terbesarnya. Melihat Indonesia yang di mayoritasi dengan penduduk yang beragama muslim, tentu restoran seperti restoran AUCE akan menyesuaikan makannya dengan makanan halal. Namun untuk memastikannya, simak tips dibawah ini untuk memastikan restoran AUCE yang ingin kamu kunjungi sudah terjamin halal atau tidak.

1. Cek apakah ada logo halal di restoran tersebut

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah cek apakah ada logo halal di restoran tersebut dan jangan lupa mengecek sertifikat halal restoran tersebut pada laman Halal MUI, ya!. Dari laman Halal MUI, kita bisa mengecek status sertifikasi sebuah restoran atau produk halal. Caranya sendiri cukup mudah kamu hanya cukup membuka situs halalmui.org. Klik ‘Cek Produk Halal’. Lalu isi kolom dengan nama produk atau nama produsen sesuai pilihan. Klik Cari dan hasil pencarian status produk Halal MUI akan terlihat.

Dari hasil pencarian status produk akan terlihat apakah sudah mengantongi sertifikat halal atau tidak. Jika sudah mengantongi sertifikat halal, makan sudah dapat dipastikan bahwa restoran tersebut terjamin kehalalannya. Kamu tidak perlu khawatir mengenai kehalalannya dan bisa langsung menikmati hidangan menu di restoran AUCE yang ingin kamu kunjungi.

2. Mengeceknya melalui aplikasi Halal MUI

Halal MUI memang sangat serius dalam hal pelayanan mengenai kehalalan produk di Indonesia. Selain melalui website, kamu juga bisa mengecek melalui aplikasi Halal MUI. Aplikasi Halal MUI merupakan aplikasi khusus yang dibuat oleh pihak MUI untuk memberikan informasi tentang kehalalan suatu produk yang sudah tersertifikasi oleh LPPOM MUI. Dengan kemudahan informasi yang disiapkan oleh Halal MUI, semakin memudahkan masyarakat untuk mengecek produk-produk yang dimakan halal atau tidak.

Tidak jauh berbeda dengan menggunakan halaman websitenya, mengecek sertifikat halal sebuah restoran atau produk pada aplikasi Halal MUI cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan pengunduhan aplikasi Halal MUI di Google Play Store dan App Store. Buka aplikasi Halal MUI. Lalu, klik sub menu Cari Produk Halal.

3. Menghubungi call center Halal MUI

Tidak perlu khawatir jika kamu merasa gaptek terhadap teknologi. Tidak perlu repot-repot memeriksanya melalui laman website atau aplikasi, kamu juga bisa mengecek sertifikat halal sebuah restoran dengan menghubungi call center Halal MUI.

Caraya dengan menghubungi call center LPPOM MUI di 14056 dengan tarif reguler. Cara ini bisa dilakukan jika terdapat kendala dalam website dan aplikasi Halal MUI.

 

Nah demikianlah pembahasan kita mengenai tips makan AUCE halal yang bisa kamu terapkan. Dalam hal pelayanan dan pengawasan mengenai kehalalan produk, memang MUI tidak main-main untuk menangani nya. MUI benar-benar serius dalam hal ini untuk menjamin ketenangan konsumen atau masyarakat Indonesia yang beragama muslim. Dengan memastikannya secara langsung juga, dapat lebih meyakinkan kamu terhadap restoran AUCE tersebut.

Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk mayoritas beragama islam, tentu memiliki target pasar muslim yang besar. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang makanan, tentu kamu harus bisa menyesuaikan produk menjadi produk-produk halal. Untuk memastikan kamu mendapatkan pasar muslim, sertifikat halal merupakan jawabannya. Namun karena rumor pengurusan sertifikat halal yang ribet, membuat banyak restoran makan yang salah satunya restoran AUCE mengabaikan pengajuan sertifikat halal pada produknya. Pada kenyataanya, pengajuan sertifikat halal tidak seribet rumor yang beredar. Kamu hanya perlu paham mengenai proses pengajuan sertifikat halal. Untuk memahaminya, kamu bisa melakukan training mengenai sertifikasi halal bersama IHATEC.

| IHATEC: Lembaga pelatihan halal

IHATEC sendiri adalah lembaga pelatihan dan edukasi di bidang Halal secara luas, yang meliputi kehalalan produk, jasa, dan aspek kehalalan lainnya. IHATEC berdiri sejak tahun 2017 yang berawal dari kebutuhan pelatihan halal bagi perusahaan yang akan mensertifikasi halal produknya. Terima kasih telah menyimak artikel ini sampai habis dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

IHATEC

Indonesia Halal Training and Education Center (IHATEC) adalah lembaga pelatihan dan edukasi di bidang Halal secara luas, yang meliputi kehalalan produk, jasa, dan aspek kehalalan lainnya.

View Comments

Share
Published by
IHATEC