Assalamualaikum InsanHalal, pada artikel kali ini IHATEC akan membahas mengenai halal lifestyle yakni gaya hidup baru yang penuh manfaat. Gaya hidup sendiri merupakan gambaran dari tingkah laku atau pola hidup seseorang yang mencerminkan minatnya. Selain itu terkadang gaya hidup juga dapat mencerminkan status sosial dari seseorang. Kita dapat melihat gaya hidup setiap orang mulai dari cara mereka berpakaian dan kebiasaannya yang dilakukan sehari-hari. Setiap orang memiliki gaya hidup yang berbeda, sesuai dengan minatnya terhadap sesuatu. Tren gaya hidup biasanya dipengaruhi oleh sosial budaya pada suatu daerah tertentu.

Membahas mengenai halal lifestyle tentu sudah pasti memiliki hubungannya dengan agama islam. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sendiri sebagai negara dengan mayoritas penduduknya adalah umat muslim. Oleh sebab itu tidak heran jika gaya hidup yang ada di Indonesia akan lebih cenderung mengarah ke jalan agama islam. Hal ini tidak mengherankan, karena Islam telah memiliki tatanan kehidupan yang telah ada dalam aturan-aturan yang telah ditentukan dalam islam sendiri. Maka idealnya seorang muslim adalah seorang yang memiliki gaya hidup yang sesuai dengan aturan-aturan tersebut. Kesadaran akan pentingnya aturan-aturan tersebut dalam kehidupan berubah menjadi suatu gaya hidup yang kini dikenal dengan bergaya hidup halal atau. Nah dibawah ini kita simak penjelasan lengkap mengenai halal lifestyle.

Pengertian dan manfaat halal lifestyle

Pengertian halal lifestyle

Halal lifestyle merupakan sebuah gaya hidup yang mengamati dan selaras dengan prinsip syariah yang dapat diterapkan semua orang, termasuk millennials. Dalam penerapannya halal lifestyle biasanya meliputi sektor fashion dan makanan yang semuanya bernuansa islami.

Setiap orang tentu memiliki fashion nya masing-masing. Seorang yang menerapkan halal lifestyle sudah tentu akan memperhatikan mulai dari gaya berpakaian, kosmetik, dan barang lainnya yang sesuai dengan syariat islam. Tidak hanya dari gaya fashion nya saja yang harus sesuai dengan syariat islam, apa yang mereka makan pun akan selalu memperhatikan kehalalan dari produk tersebut dan sesuai dengan syariat islam.

Manfaat dari menerapkan halal lifestyle

Pada praktiknya halal lifestyle membawa manfaat besar bagi kualitas hidup manusia. Dengan mengonsumsi segala sesuatu yang baik, aman, dan sehat, tentunya membuat kondisi jasmani dan rohani kita pun semakin terjaga. Tubuh akan mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan cukup, pikiran pun tentram karena tahu bahwa semua yang digunakan aman dan berkualitas.

Tidak hanya pada sisi asupan makanan yang semakin baik. Dari sisi cara berpakaian membawa manfaat yang signifikan. Dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat islam, seseorang yang menggunakannya akan lebih nyaman dan merasa aman. Hal ini akan menghindarkannya dari tindakan kejahatan yang bisa saja terjadi ditempat umum semisal pelecehan seksual atau bahkan perampokan. Terlebih di masa pandemi seperti ini, pakaian yang serba tertutup dapat melindungi anda dari terpaparnya virus covid-19 yang tengah mewabah.

 

Nah itulah pengertian dan manfaat dari halal lifestyle yang akhir-akhir ini semakin meningkat peminatnya. Akhir-akhir ini kesadaran umat islam mulai meningkat untuk menggunakan gaya hidup halal. Kesadaran umat Islam untuk memiliki gaya hidup halal harus diikuti dengan kesadaran untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sesuai syariat Islam, sehingga memberi peluang bisnis dan kehidupan yang baik bagi Muslim dan menguatkan perekonomian muslim.

Di Indonesia, label halal sekarang tidak hanya diberikan pada produk makanan dan minuman saja, tapi juga kosmetik, obat-obatan, penyembelihan hewan, dan barang gunaan seperti peralatan rumah tangga, serta proses transaksi perbankan maupun non-perbankan. Hal tersebut menunjukan bahwa potensi halal lifestyle di Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang. Tingginya potensi pasar produk halal, sertifikasi halal menjadi semakin penting. Bagi pelaku usaha, momen ini merupakan peluang yang terbuka lebar untuk meningkatkan penjualan produknya. Dengan menyasar pasar halal, pelaku industri dapat meningkatkan penjualan produknya.

Untuk dapat menyasar produk halal, tentu pelaku industri harus memiliki produk yang halal dengan dilengkapi sertifikasi halalnya. Nah bagi anda pelaku usaha yang ingin memiliki sertifikasi halal, yuk ikuti pelatihan di IHATEC untuk mempermudah anda mendapatkan sertifikasi halal.

| IHATEC: Lembaga Pelatihan Halal

HATEC sendiri merupakan lembaga pelatihan dan edukasi di bidang Halal secara luas, yang meliputi kehalalan produk, jasa, dan aspek kehalalan lainnya.

en_USEN
Open chat
Hallo Admin